Home » , , , , , , » 3 Cara Untuk Mencapai Shalat Khusyuk

3 Cara Untuk Mencapai Shalat Khusyuk

3 Cara Untuk Mencapai Shalat Khusyuk

Selain Ibadah Puasa di bulan Ramadhan, shalat juga merupakan salah satu kewajiban kaum Muslim yang mesti dilaksanakan dengan baik. Salah satu hal yang sering dialami adalah tidak khusyuknya kita dalam melaksanakan shalat.

Berbagai hal yang sering menjadi tanda bahwa shalat kita tidak khusyuk ini tentu akan mengurangi kualitas ibadah kita. Seperti terburu-buru dalam melakukan setiap gerakan dalam shalat, lupa jumlah hitungan bacaan, lupa sudah berapa rakaat, dan lain sebagainya.

3 Cara Untuk Mencapai Shalat Khusyuk
3 Cara Untuk Mencapai Shalat Khusyuk

Shalat yang khusyuk memang tidaklah mudah. Tetapi usaha kita untuk terus memperbaiki kualitas shalat akan memberikan manfaat yang baik. Tujuannya, semoga kita termasuk dalam kategori orang-orang yang beruntung dan dapat terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Aamiin.

Kerugian Besar Bagi Orang Yang Lalai Dari Shalatnya

Orang yang melaksanakan shalat dengan asal-asalan, terburu-buru, atau istilahnya hanya sekedar memenuhi kewajiban saja termasuk kategori orang-orang yang merugi. Dan ini merupakan sebuah kerugian yang sangat besar.

Sebagaimana Allah tegaskan dalam Surat Al-Ma'un ayat 4-5:
"Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya."

Agar kita termasuk orang-orang yang beruntung dan memperoleh banyak kebaikan, ada tiga cara yang dapat dilakukan agar shalat kita menjadi khusyuk. berikut ini adalah tips agar untuk mencapai shalat khusyuk, yaitu:

  1. Memahami dan merenungkan setiap bacaan dalam shalat. Tidak saja arti atau terjemahan dari bacaan-bacaannya, tetapi juga hikmah dan rahasia besar yang terkandung di dalamnya.
  2. Mengingat Allah, selalu takut akan adzab-Nya, merasa sangat membutuhkan Allah, dan yakin bahwa Allah akan senantiasa menolong kita. Sehingga akan terbentuk kesungguhan saat melaksanakan shalat.
  3. Hilangkan segala pikiran yang dapat menganggu shalat. Ketika akan berdiri dan niat shalat, segeralah memohon ampun karena kita masih memikirkan hal-hal lain diluar shalat. Karena kita akan menghadap dan berkomunikasi dengan Dzat Yang Maha Agung.

Demikianlah 3 Cara Untuk Mencapai Shalat Khusyuk ini semoga bisa menjadikan shalat kita lebih berkualitas. Butuh usaha ekstra giat dan tak mengenal lelah untuk menggapai shalat yang khusyuk.

Selain dapat terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Kita juga akan menjadi insan-insan yang religius dan humanis, yang merupakan figur orang yang memiliki keshalehan individu maupun sosial. Selain selalu taat kepada Allah dan juga mengikuti bimbingan Rasul-Nya, kita InsyaAllah akan memiliki kepedulian sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung di blog saya "Doa dan Dzikir Untuk Keselamatan Dunia Akhirat". Silahkan tinggalkan komentar Anda pada artikel-artikel saya...dan salam berkah selalu :)