Gerakan Sholat Yang Benar, Bermanfaat Bagi Kesehatan

Gerakan Sholat Yang Benar Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusia

Gerakan sholat yang benar apabila dilakukan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa manfaat gerakan sholat yang benar ialah sebagai terapi efektif untuk mencegah datangnya berbagai jenis penyakit.

Agar kita memperoleh manfaat gerakan sholat tersebut untuk kesehatan. Maka gerakan sholat tersebut harus dilakukan dengan benar, perlahan dan tidak terburu-buru (tuma'ninah), dan konsisten dilakukan terus-menerus (istiqomah).

Gerakan Sholat Yang Benar, Bermanfaat Bagi Kesehatan
Gerakan Sholat Yang Benar Untuk Kesehatan

Prof. Dr. Kohirausch dan Prof. Dr. Leube mengatakan bahwa gerakan-gerakan sholat dapat mengurangi dan mencegah penyakit jantung. Sementara itu, dalam buku "Mukjizat Gerakan Shalat", Drs. Madyo Wratsongko, MBA mengungkapkan bahwa gerakan sholat yang benar dapat melenturkan urat saraf, mengaktifkan sistem keringat, dan sistem pemanas tubuh.

Manfaat lain gerakan sholat yang benar, yakni dapat membuka pintu oksigen ke organ otak, mengeluarkan listrik negatif, membuka pembuluh darah di bagian arteri jantung, dan lain sebagainya.

Uraian Manfaat Gerakan Sholat Yang Benar

Berikut ini merupakan uraian manfaat gerakan sholat bagi kesehatan:

1. Saat Berdiri

Bagi yang mampu melakukan sholat dengan cara berdiri, maka ia wajib melakukannya. Hal ini mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Berdiri dalam sholat dapat melatih keseimbangan tubuh dan melatih konsentrasi pikiran manusia.

2. Takbiratul Ihram

Gerakan sholat ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu. Manfaatnya bagi kesehatan adalah untuk memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak. Tujuannya agar otak dapat mengatur keseimbangan tubuh dengan lebih maksimal.

3. Rukuk

Gerakan sholat rukuk yang dilakukan dengan benar, dapat menjaga kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang beserta aliran darahnya. Selain itu, rukuk juga dapat memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di punggung, pinggang, paha, dan betis bagian belakang.

Baca Juga : Shalat Jamak Dan Qasar - Syarat Sah Beserta Macamnya

Dengan melakukan gerakan rukuk yang baik, tulang leher, tengkuk, dan saluran saraf memori dapat terjaga kelenturannya. Kemudian, kelenturan saraf memori dapat dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal, yakni mata menatap ke tempat sujud.

4. I'tidal

Hal yang dialami saat berdiri dari rukuk dengan mengangkat tangan adalah darah dari kepala akan turun ke bawah. Sehingga, bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya.

Manfaat yang diperoleh adalah terjaganya saraf keseimbangan tubuh dan berguna untuk mencegah pingsan secara tiba-tiba.

5. Sujud

Sujud yang dilakukan dengan tuma'ninah dapat memaksimalkan aliran darah dan oksigen ke otak atau bagian kepala manusia. Termasuk juga organ mata, telinga, leher, pundak, dan hati.

Gerakan sujud ini merupakan gerakan yang ampuh untuk membongkar sumbatan pembuluh darah pada jantung yang akan mengurangi resiko serangan jantung bagi manusia.

6. Duduk Antara Dua Sujud

Manfaat gerakan ini bagi kesehatan adalah dapat menyeimbangkan sistem elektrik dan saraf keseimbangan tubuh. Kemudian, dapat menjaga kelenturan saraf di paha bagian dalam, cekungan lutut, cekungan betis, sampai bagian jari-jari kaki.

Kelenturan saraf-saraf tersebut dapat mencegah penyakit diabetes, sulit buang air kecil, gangguan organ prostat, dan penyakit hernia.

7. Duduk Tasyahhud Awal

Saat melakukan gerakan sholat ini, lipatan paha dan betis bertemu. Manfaat gerakan sholat ini bagi kesehatan adalah akan mengaktifkan kelenjar keringat. Yang dapat mencegah pengapuran dan mengoptimalkan kekuatan kaki sebagai penopang bagian tubuh lainnya.

8. Duduk Tasyahhud Akhir

Gerakan sholat ini jika dilakukan dengan benar, akan bermanfaat membongkar pengapuran pada cekungan kaki kiri. Hal ini berhubungan dengan terjaganya kesehatan organ mata, yang baik untuk konsentrasi pikiran.

9. Salam

Saat melakukan gerakan sholat salam, kita akan menarik urat leher agar terjaga kelenturannya. Pada bagian leher manusia terdapat urat saraf yang vital seperti urat saraf paru-paru dan jantung. Jika urat saraf ini kering karena jarang digerakkan, maka dapat menyebabkan kematian.

Demikianlah artikel berjudul "Gerakan Sholat Yang Benar, Bermanfaat Bagi Kesehatan" ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Agar selalu berusaha untuk melakukan gerakan-gerakan sholat dengan cara yang benar. Semoga Allah Yang Maha Pemurah senantiasa memberikan kesehatan dan rizki dalam bentuk lainnya untuk kita semua.

Gambar : bincangsyariah.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung di blog saya "Doa dan Dzikir Untuk Keselamatan Dunia Akhirat". Silahkan tinggalkan komentar Anda pada artikel-artikel saya...dan salam berkah selalu :)